02 Desember 2014

Himpunan Mahasiswa Farmasi Untan

Memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia

HIV merupakan singkatan dari 'Human Immunodeficiency Virus'. HIV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun.
Seberapa cepat HIV bisa berkembang menjadi AIDS ?
Lamanya dapat bervariasi dari satu individu dengan individu yang lain. Dengan gaya hidup sehat, jarak waktu antara infeksi HIV dan menjadi sakit karena AIDS dapat berkisar antara 10-15 tahun, kadang-kadang bahkan lebih lama. Terapi antiretroviral dapat memperlambat perkembangan AIDS dengan menurunkan jumlah virus (viral load) dalam tubuh yang terinfeksi.
Berikut beberapa tanda gejala HIV AIDS yang perlu kita waspadai :
1.Penurunan Berat Badan Dengan Cepat.
2.Demam dan flu yang tidak kunjung sembuh.
3.Diare Yang Tak Kunjung Sembuh.
4.Cepat Merasa Lelah.
Cara penularan AIDS HIV bisa melalui perantara sebagai berikut :
1.Seks bebas dengan penderita yang positif mengidap HIV.
2.Mendapatkan transfusi darah yang tercemar akan virus HIV.
3.Penggunaan jarum suntik yang bergantian.
4.Dari ibu hamil yang positif HIV AIDS kepada janin yang dikandungnya. Sehingga bila bayi tersebut lahir maka sang bayi akan bisa mengidap pula penyakit yang serupa.
Cara mencegah HIV - AIDS
1. Hindari Kontak dengan Darah yang terinfeksi HIV Cara yang paling umum untuk menularkan HIV adalah melalui kontak dengan darah dari orang yang terinfeksi HIV.
2. Hati-hati dengan Jarum suntik dan peralatan Bedah Obat infus, jarum suntik dan peralatan tato dapat menjadi sumber infeksi HIV.
3. Gunakan Kondom Cara lain untuk penularan HIV adalah melalui kontak seksual tidak terlindungi.
4. Hindari Seks Bebas HIV dan AIDS yang lebih lazim untuk orang dengan banyak pasangan seksual




Masih dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia, para pengurus HMF dan pembimbing sebaya dari PIK HMF mengenakan baju merah dan memberikan sosialisasi mengenai HIV/AIDS dengan membagikan brosur kepada adik-adik bimbingan mereka







Brosur yang dibagikan tidak hanya mengenai HIVAIDS, tetapi juga mencakup life skill, infeksi menular seksual, fungsi keluarga, pendewasaan usia perkawinan dan mengenai NAPZA



Pembagian brosur ini bekerja sama dengan Pusat Informasi Konselling dari BkkbN KalBar



Marilah dengan memperingati hari HIV/AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember 2014, 
kita tegaskan slogan STOP HIV/AIDS