17 Maret 2010

Himpunan Mahasiswa Farmasi Untan

PHYTOPLASM 2010, SUKSES DIADAKAN!


Phytoplasm 2010 berhasil diselenggarakan. Acara yang diadakan di amphiteater gedung FKIK ini berlangsung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 10 hingga 11 Februari 2010. Acara yang dipandu oleh Artika Mithasari dan Rendy Gunawan ini, dimulai pada pkl 06.30 WIB. Turut memberikan kata sambutan dalam acara ini yaitu ketua panitia Dedy Rahadi, ketua HMF UNTAN Hadi Kurniawan, perwakilan Kepala Jurusan Farmasi Muhammad Andre S.Farm, Apt, dan pembantu rektor III Edy Suratman, S.E, M.Si sekaligus membuka acara phytoplasm 2010.
Phytoplasm 2010 mengadakan lomba olimpiade, bazaar, seminar dan sosialisasi, kegiatan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) juga diadakan saat phytoplasm. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan seni seperti tari 3 etnik dari fatari (farmasi tari), drama, dan musik. Terdapat juga bazaar yang menyediakan stan seperti stan sosro, apotik pelangi, esia, rosela, stan mandiri, stan mahasiswa angkatan 2007, 2008, 2009 dan stan HMF UNTAN.
Lomba olimpiade pada hari pertama dimulai dengan babak penyisihan untuk mengambil 10 besar peserta terbaik yang akan mengikuti ke babak semifinal pada hari kedua. Peserta yang mengikuti olimpiade berjumlah 68 siswa sekalimantan barat. Setelah babak penyisihan dilanjutkan dengan seminar yang berjudul “be healthy with herbal medicine and be an intellectual with UNTAN’s Pharmacy” yang menghadirkan 2 pembicara yaitu Robiyanto S.Farm, Apt dan Siti Nani Nurbaety S.Farm, M.Si, Apt, dengan adanya seminar ini diharapkan siswa-siswi peserta phytoplasm dapat lebih mengenal dunia kefarmasian yang memiliki cakupan yang luas dan memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan dikalimantan barat. Pada hari kedua phytoplasm diumumkan 10 peserta lomba olimpiade yang lolos mengikuti babak semifinal, yang selanjutnya akan diambil 5 peserta terbaik menuju babak final. Di babak semifinal ini, peserta diberikan sejumlah pertanyaan secara lisan untuk dijawab secara singkat. Usai babak semifinal kemudian dilanjutkan dengan LKTI, hadir sebagai juri dalam LKTI adalah Sri Luliana S.Farm, Apt dan Hafrizal S.Far, Apt. peserta LKTI berjumlah 7 peserta yang sebelumnya telah diseleksi dari 9 karya tulis yang mendaftar. Pada LKTI ini, peserta mempresentasikan karya tulis mereka didepan juri, kemudian juri memberikan komentar dan pertanyaan kepada peserta LKTI. Setelah LKTI kemudian dilanjutkan dengan olimpiade babak final. Pada babak final ini terdapat 5 peserta, di babak ini peserta menjelaskan fenomena praktikum yang dilakukan oleh pemateri, peserta diberi waktu 15 menit untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan diberi pertanyaan oleh dewan juri. Praktikum pada babak final ini berkaitan dengan bidang ilmu kimia, biologi dan biokimia. Rangkaian acara akhirnya ditutup dengan pengumuman pemenang lomba olimpiade dan LKTI. Sebagai pemenang lomba LKTI yaitu juara I dan II dari SMA Gembala baik dan juara III didapat oleh SMA N 1 Pontianak. Sedangkan dari Olimpiade, juara I diraih oleh Minar Nur C (SMAN 1 pontianak), juara II Adam Astrada (SMAN 1 singkawang), juara III Costan (SMAN 1 pontianak), Juara harapan I Hafidzah RA (SMAN 1 pontianak) dan Juara harapan II Kartini Nauli. S (SMAN 1 pontianak).
Olimpiade phytoplasm berbeda dengan olimpiade lainnya, pada phytoplasm kompetisi peserta yang diuji tidak hanya dengan bidang ilmu IPA dasar seperti fisika, kimia dan matematika tetapi juga ilmu farmasi yang merupakan terapan dari ilmu kimia.